Sabtu, 26 Januari 2013

Ciri-ciri Gelombang..


HELO.
Pada pembahasan sebelumnya, kita pernah membahas tentang sifat gelombang . Nah pada pembahasan kali ini kita akan mencoba lagi membahas gelombang tersebut, tapi yang akan kita bahas kali ini adalah tentang ciri-ciri atau karakter dari gelombang itu.

Baiklah kita mulai sekarang yaa.... !!!
Gelombang dapat dibedakan menjadi gelombang Transversal dan gelombang Longitudinal, Gelombang transversal memiliki ciri arah rambatannya tegak lurus dengan arah getarannya, sedangkan gelombang longitudinal memiliki ciri arah rambatannya sejajar dengan arah getarannya.
Gelombang dapat juga dibedakan menjadi gelombang mekanik dan Gelombang Elektromagnetik. Gelombang mekanik memerlukan zat perantara (medium) dalam melakukan rambatannya, contohnya gelombang yang terjadi pada tali. sedangkan gelombang elektromagnetik tidak memerlukan medium atau zat perantara, contohnya cahaya matahahari bisa sampai ke bumi walaupun harus melewati ruang hampa.

Gelomabng pada umumnya memiliki ciri-ciri sbb :

1.      Dapat dipantulkan atau berbalik arah rambatannya  (Pemantulan)
2.      Dapat dibiaskan  atau dapat mengalami pembelokan arah rambatan (Pembiasan)
3.      Dapat di difraksikan atau dapat mengalami pelenturan.
4.      Dapat berinterferensi atau dapat berpadu (Penguatan atau Pelemahan)
5.      Dapat didisversikan atau diuraikan, contohnya cahaya putih (polykromatik) terurai menjadi cahaya monokromatik sbb : merah – jingga – kuning – hijau – biru - ungu (me – ji – ku – hi – bi – u) setelah melewati prisma. Lihat disversi gelombang Klik Disini 
6.      Dapat dipolarisasikan (dapat mengalami pengutuban) ini khusus untuk gelombang transversal
 
Nah itulah pembahasanku tentang ciri-ciri gelombang kali ini, nanti kita lanjutkan dengan pembahasan macam-macam gelombang. Lihat saja!


Source : http://cepitem.blogspot.com/2012/08/ciri-ciri-gelombang.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar